Masjid Quba













Masjid Quba ada masjid yang punya nilai sejarah, bermula ketika Rosulullah berangkat Hijrah meninggalkan Makkah menuju Madinah, beliau singgah di Quba, lalu tinggal di sana lebih kurang 4 hari sambil membangun masjid yang kemudian dinamai Masjid Quba.

Walaupun Rosulullah sudah membangun masjid Nabawi di pusat kota Madinah dan membina para sahabat di sana, Rosulullah sangat suka sengaja datang ke Masjid Quba untuk sholat di dalamnya. Di dalam riwayat bahwa Rosulullah berangkat ke Masjid Quba dengan menaiki onta dan kadang berjalan kaki pada hari sabtu.

Keutamaan sholat di Masjid Quba sebagaimana disampaikan oleh Rosulullah adalah sebagaimana mendapatkan pahala umroh. Imam Tirmizi meriwayatkan : "Barang siapa yang bersuci dari rumahnya kemudian ia datang ke masjid Quba lalu sholat dua rakaat, maka baginya pahala sebagaimaan ganjaran umroh.
Imam Ibnu Majah meriwayatkan : "Barang siapa yang bersuci dari tempat tingagalnya lalu datang ke Masjid Quba lalu sholat di dalamnya sebuah sholat maka ia mendapatkan pahala umroh".

Masjid Quba adalah Masjid yang selalu dikunjungi oleh jamaah haji dan umroh yang datang ke Kota Madinah.

1 Comment:

  1. Anonim said...
    KLo bsa yg lbh rincilg ych tntg quba n nabawix

Post a Comment