Kawasan Medan Magnet










Daerah Medan Maghnet atau orang saudi sering menyebutnya Mantiqotul Baidho atau daerah putih yang disana ada salah satu gunung yang berwarna keputihan dan cukup berbeda dengan gunung-gunung yang lain, seperti halnya gunung uhud yang berwarna merah kehitam-hitaman.

Daerah ini adalah daerah yang sering dikunjungi jamaah haji ataupun umroh dari Indonesia dan Malaysia, selain tempat ziarah lainnya yang biasa di kunjungi di Madinah di antaranya : Masjid Quba, Syuhada Uhud, Masjid Qiblatain, Jabal Sila' tempat terjadi Peperangan Parit atau sering juga disebut daerah Masjid Sab'ah dan Tempat Percetakan Al-Quran Mujamma' Malik Fahd.

Apa keistimewahan Mantiqotul Baidho ini sehingga sering dikunjungi, padahal untuk ke sana memerlukan waktu lebih dari setengah jam dengan menggunakan bus? Di tempat ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu kendaraan yang berada di jalan di sana dapat ditarik oleh magnet dan berjalan dengan sendirinya walau tanpa digas, semakin jauh akan semakin kencang lari kendaraan itu, dan bisa mencapai 100-120 km perjam.

Apa karena jalannya menurun yah? Wallahu a'lam..

4 Comments:

  1. torik said...
    MasaAllah AllahuAkbar...

    SubhanaAllah...

    Indah dan itulah salah satu bukti Kebesaran Allah
    Anonim said...
    sepertinya bukan karna jalannya menurun deh. sepertinya itu pure krn tarikan magnet.

    mungkin disana ada beberapa titik magnet. bergerak cepat karna ada tarikan gaya magnet, dan ketika supir meng-gas dalam-dalam tp mobil tetap berjalan lambat itu karna sedang melewati titik magnet itu, atau sedang welawan gaya tarik magnet. pas pada titik normal, daya tarik sudah tdk ada kemudian mobil berjalan cepat kembali karna ada titik magnet lagi di depan yang menarik. sama ketika belajar fisika ketika kita memegang besi sama magnet pasti besi tersebut bergerak cepat, dan membutuhkan daya untuk melepaskan besi tersebut.
    hanya analisa sederhana sih, pernah ksana aja belum ^_^ Wallahu a'lam
    Anonim said...
    kalau jalannya menurun memungkinkan, karena jalan menurun tidak ada keseimbangan posisi bus sampai pada keadaan jalan rata, tapi apa mungkin jalannya menurun terus? emang gunung!!! hehe..

    medan magnet adalah wilayah dimana gaya tarik magnet mulai dirasakan atau diterima...
    sebatang paku akan tertarik oleh batang magnet ketika paku tersebut telah memasuki medan magnet..

    kondisi bus yang "katany" tertarik bahkan semakin cepat merupakan kejadian yang luar biasa kalau itu adalah pengaruh dari medan magnet dan gaya tarik magnet karena menunjukkan areal medan magnet yang sangat luas..

    gini deh,, untuk membuktikannya ane punya ide tapi inikan menurut ane,, hehe..
    coba aja pada benda lain terutama besi atau baja, letakkan besi atau baja tersebut pada areal dimana bus terasa tertarik dan bertambah kecepatannya tanpa di gas. jika besi tersebut mengalami gaya, nah ini kemungkinan disitu adalah wilayah medan magnet perlu dipertimbangkan...
    How do you think about my opinion??
    by, kiki..
    MPSU said...
    Subhanallah Maha Besar Allah dengan segala ciptaan dan keagungannya. Dari film kalau nggak salah batu yang mengandung magnet di golongkan sebagai magnetite, biasanya ada digunung atau aktivitas vulkanik sehingga batunya nyebul keluar, mohon dikoreksi jika salah.
    Tanpa mengurangi rasa keagungan allah atas ciptaannya, mohon maaf, kalau magnetnya begitu besar atau keras bisa digunakan untuk pembangkit listrik yang besar pula, prinsipnya sama dengan dinamo sepeda, ada lilitan kawat di tengah berputar diantara magnet maka akan menghasilkan listrik, prinsip ini dipakai oleh generator pembangkit listrik yang besar. Insya allah bisa memberi listrik seluruh madinah dan kota lain, semoga allah meridhoi kita for this life and after life. Tiada tuhan selain allah dan muhammad adalah utusannya. amin.

Post a Comment