Masjid Qiblatain









Masjid Qiblatain atau Masjid Dua Qiblat adalah salah satu masjid bersejarah yang terdapat di Madinah. Sebuah peristiwa penting terjadi di sana. Yaitu peristiwa perpindahan qiblat dari Masjidil Aqso di Palestina kembali lagi ke Ka'bah di Makkah. Peristiwa yang di abadikan di dalam Al-Quran ayng terdapat dalam Surat Al-Baqoroh ayat 142-153.

Peristiwa itu terjadi saat Rosulullah berada di Perkampungan Bani Salamah, saat beliau sholat asar, ada riwayat lain yang mengatakan sholat zhuhur, datang Malaikat Jibril setelah rakaat kedua membawa perintah Allah untuk menghadap ke arah ka'bah. Lalu Rosulullah berbalik ke belakang menghadap ke arah ka'bah, dan para sahabat yang saat itu posisinya berada di depan Rosulullah berjalan ke belakang Rosulullah kemudian Rosulullah maju ke depan beberapa langkah. Kemudian disebarkanlah ke seluruh kota Madinah bahwa qiblat kaum muslimin kembali menghadap ke arah ka'bah.

Apa pelajaran penting dari peristiwa perpindahan Qiblat? Mengapa kaum muslimin kiblatnya berpindah-pindah? Apakah ajaran islam tidak punya pendirian sehingga sepertinya plin-plan? Insya Allah akan dijelaskan pada posting yang akan datang.

1 Comment:

  1. supris said...
    subhaanalloh..kapan aku kesana yaa???oiya ustadz..minta informasi beasiswa s2 ke madinah dunk..plisss..penting..ada sodara ingin kuliah ke sana..syukron ma'assalaam

Post a Comment