Siapa Pemilik Onta Ini?

Pada tanggal 28 juli yang lalu, saya menemani rombongan jamaah umroh khadim wisata ziarah di kota Mekah, diantaranya ke Jabal Rahmah di Arafah.

Biasanya ketika turun dari bus orang-orang arab badui dengan onta mereka langsung menghampiri para jamaah untuk berkeliling di sekitar Jabal Rahmah atau sekedar berpose dengan onta. Mereka menawarkan sambil memasangkan 'simagh' (sorban) di kepala jamaah laki-laki, sambil mengatakan, "Lima riyal-lima riyal". Maklum mereka sudah fasih berbahasa Indonesia.

Onta-onta tersebut begitu patuh dengan tuan-tuan mereka. Saya jadi ingat dengan sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Imam Abu Dawud dalam kitab Sunannya, Hadist nomor 2551.

Disana disebutkan Rosulullah menghapus airmata seokor onta yang sedang menangis, lalu Rosulullah bertanya: "Siapa pemilik onta ini?"

Maka datanglah seorang pemuda anshor lalu berkata: Ïni onta saya wahai Rosulullah". Lalu Rosulullah bersabda: "Tidakkkah engkau takut kepada Allah atas perlakuanmu terhadap hewan ini yang telah Allah karuniakan kepadamu? Sesungguhnya ia mengadu kepadaku bahwa engkau telah membiarkannya lapar dan menyakitinya".

Subhanallah.. Jangankan manusia ya.. Onta saja yang sudah dipekerjakan dan dibiarkan lapar bisa menangis.. Bagaimana dengan nasib-nasib karyawan-karyawan yang gaji mereka tidak dibayar oleh perusahaan mereka sehingga anak istri mereka kelaparan dan menangis.. Tidakkah mereka takut dengan Allah..?

Berikut bunyi hadistnya:

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا مَهْدِىٌّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِى يَعْقُوبَ عَنِ الْحَسَنِ بْنِ سَعْدٍ مَوْلَى الْحَسَنِ بْنِ عَلِىٍّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ : أَرْدَفَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- خَلْفَهُ ذَاتَ يَوْمٍ فَأَسَرَّ إِلَىَّ حَدِيثًا لاَ أُحَدِّثُ بِهِ أَحَدًا مِنَ النَّاسِ وَكَانَ أَحَبُّ مَا اسْتَتَرَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِحَاجَتِهِ هَدَفًا أَوْ حَائِشَ نَخْلٍ. قَالَ : فَدَخَلَ حَائِطًا لِرَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ فَإِذَا جَمَلٌ فَلَمَّا رَأَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- حَنَّ وَذَرَفَتْ عَيْنَاهُ فَأَتَاهُ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فَمَسَحَ ذِفْرَاهُ فَسَكَتَ فَقَالَ : « مَنْ رَبُّ هَذَا الْجَمَلِ لِمَنْ هَذَا الْجَمَلُ ». فَجَاءَ فَتًى مِنَ الأَنْصَارِ فَقَالَ : لِى يَا رَسُولَ اللَّهِ. فَقَالَ : « أَفَلاَ تَتَّقِى اللَّهَ فِى هَذِهِ الْبَهِيمَةِ الَّتِى مَلَّكَكَ اللَّهُ إِيَّاهَا فَإِنَّهُ شَكَى إِلَىَّ أَنَّكَ تُجِيعُهُ وَتُدْئِبُهُ ».

0 Comments:

Post a Comment